Tersebut dalam beberapa Hadits
قَالَ : لَـوْ كَـانَـتِ اْلأَشْجَارُ اَ قْــلاَ مَا وَالْــبِحَارُ
مِـدَادًا وَ جْـتَــمَـعَـتِ الْـجِـنُّ وَ اْلإِ نْـسُ وَ
الْــمَـــــــــلا ئِــكَــةُ كِــــتَـا بـًا وَ كِـــتَـــبُـوْا
مَـعْـنــــى لبِـسْـــمِ الـلّـــهِ الـرَّ حْـمـنِ الـرَّ حِــيْــــــمِ
اَ لْــفَ اَ لْــفِ سَــنَــــــةٍ لَــمَـا قَـدْرُوْا عَـشْـرَ
عَـشِــيْـرَ ةٍ
“Nabi Saw bersabda : ”Seandainya pohon-pohon dijadikan pena, dan semua lautan dijadikan tinta, kemudian berkumpul seluruh Jin dan Manusia dan ditambah para Malaikat untuk membuat Kitab, dan terus-menerus mereka menulis ”Bismillahir-Rohmaan-Nirrohiim” sejuta tahun, mereka tidak akan sanggup memberi makna, walaupun hanya satu sepersepuluhnya”. (H.R. Anas bin Malik dari Nabi)
قَالَ : كَانَ جِـبْـرِ يْـلُ اِذَاجَآءَ نِـى بِـالْــوَحْـيِ اَوَّ لُ
مَـا يَــلْـــقَى عَـلَــيَّ لبِـسْــــــــــمِ الـلّــــــــــــهِ
الـرَّ حْـمـنِ الـرَّ حِــيْـــــــــــــــمِ
“Nabi Saw bersabda : ”Adalah Jibril apabila datang kepadaku. Pertama yang diberikan kepadaku (adalah) “Bismillahir-Rohmaanir-Rohiim”.
(H.R. Daroqhutny dan Ibnu ‘Umar Ra. dari Nabi Saw)
وَ قَـالَ لَــمَّـا نَــزَ لْـتَ لبِـسْـــــــمِ الـلّـــــــهِ
الـرَّحْـمـنِ الـرَّ حِــيْـــــــمِ فَـرَ حَ اَ هْـلَ الـسَّــمـوَ اتِ
مِنَ الْـمَـــلاَ ئِــكَــةِ وَ اهْــتَــزَّ الْــعَـرْشُ لِــنُــزُوْ
لِــهَـا وَ نَــزَ لَ مَــعَــهَا اَ لْــفُ مَـلَـكٍ وَ زَاتِ
الْـمَــلاَ ئِـكَـــةُ اِيْــمَا نًـا وَخَـرَ جَتْ الْـجَـان ُّ عَـلَى
وُجُـوْ هِــهِـمْ وَ تَـحَــرَّ كْـتَ اْلاَ فْـــلاَ كُ وَ ذَ لَّـتْ
لِــعَــظْــمَــتِـــهَـا اْلاَ مْـــلاَ كُ
“Dan Nabi Saw. bersabda : “Ketika turun “Bismillahir-Rohmaanir-Rohiim”. bergembiralah ahli langit dari Bangsa Malaikat. Dan bergoncanglah ‘Arasy, karena turunnya. Dan turun pula besertanya 1000 Malaikat, dan bertambah pula ke-Imanan para Malaikat. Dan merundukkan muka segala (bentuk) jin, dan bergetarlah seluruh ‘Alam. Gemetar pula segala sendi-sendi dikarenakan turunnya”. (H.R. A’isyah Ra)
وَ اَخْـرَ جَ اَ بــُوْ نُــعَــيْـمِ وَا بْـن الـسُّــنِّى عَنْ
عَـائِــشَــةَ رَضِيَ الـلّـــهُ عَــنْــهَـا اَ نَّـــهَـا قَـالَـتْ
لَـــمَّـا نَــزَ لَـتْ لبِـسْـــــــمِ الـلّـــــــهِ الـرَّحْـمـنِ
الـرَّ حِــيْـــــــمِ. سَـــبَّـحَـتِ الْــجِــبَـالُ حَــتَّى
سَــمِــــعَ اَهْــلُ مَــكَّــــةَ وَ مَنْ بِــهَـا فَــقَـالُـوْا
سَــحَّـرَ مُـحَــمَّـدٌ نِ الْــجِــبَـالُ فَــبَـعَـثَ
الـلّـــــــــــــهُ دُخَـانًـا حَــتَّى اَظَــلَّ عَـلى اَهْـلِ
مَـكَّــةَ فَــقَـالَ رَسُـوْ لُ الـلّــــــــهِ صَـلَّى الـلّــــــهُ
عَـلَـــيْــهِ وَسَــلَّـمَ : مَنْ قَــرَاءَ لبِـسْــــــمِ الـلّــــهِ
الـرَّحْـمـنِ الـرَّحِــيْــــــمِ. مُـوْ قِــنًـا سَـــبَّـحَـتْ
مَــعَــهُ الْـجِــــــــــــــبَـالَ اَ لاَ اَ نَّـــهُ لاَ
يَــسْــمَــعَ مِــنْـــهَـا
“Diriwayatkan oleh Abu Nu’aim bin Ibnu Sunny. Dari Siti A’isyah Ra. bahwa ia berkata : ”Ketika turunnya “Bismillahir-Rohmaanir-Rohiim” maka seluruh gunung-gunung mengucapkan Tasbih, sehingga penduduk Makkah dan orang-orang disekitarnya mendengarnya, kemudian mereka berkata : “Kiranya Muhammad menyihir gunung-gunung itu". Kemudian Allah membangkitkan awan. Sehingga penduduk Makkah menjadi teduh. Kemudian Nabi Saw bersabda : “Barang siapa (mudah Lidahnya) membaca Bismillahir-Rohmaanir-Nirrohiim dengan yakin. Maka akan bertasbihlah gunung-gunung itu, hanya saja ia tidak mendengarnya”.
(H.R. Ibnu Majah. Daroqhutny)
وَ اَخْــرَجَ الـدَّ يــْـلَـمِى عَنِ ا بْــنِ مَـسْـعُـوْدِ رَضِيَ
الـلّــــهُ عَــنْــهُ قَـالَ رَسُـوْ لَ الـلّـــــهِ صَــلَّى
الـلّــــــهُ عَــلَــيْــهِ وَ سَــلَّـمَ : مَنْ قَــرَاءَ
لبِـسْـــــــمِ الـلّـــــــهِ الـرَّحْـمـنِ الـرَّ حِــيْـــــــمِ.
كَــتَـبَ لَـــــهُ بِكُــلِّ حَـرْفٍ اَ رْ بـَــعَــةُ اَلاَ فٍ
حَسَـنَـةٍ وَ مْحَى عَــنْـهُ اَرْ بَــعَـةَ اَ لاَ فِ سَــيِّــــئَــةٍ
وَ رَ فَـــعَ لَــهُ اَرْ بـَــعَــةُ اَ لاَ فِ دَ رَجَــــــةٍ
“Diriwayatkan oleh Ad-Dailamy. Dari Ibnu Mas’ud Ra. bahwa bersabda Rasulullah Saw : “Barang siapa membaca Bismillahir-Rohmaanir-Rohiim, maka dituliskan baginya tiap-tiap huruf 4000 kebajikan dan dihapuskan darinya 4000 keburukan. Dan diangkatkan untuknya 4000 Derajat”. (Ad-Dailamy)
وَ اَخْــرَجَ اَبــُـوْ الـشَّــيْــخِ عَنْ صَــفْــوَانٍ بْـنِ
سُــلَــيْـمٍ قَـالَ : اَ لْـجِـنُّ يَـسْــتَــعْــمَــلُـوْنَ
مَــتَـاعَ اْلإِ نْـسِ وَ ثَـــيَـا بَــهُـمْ فَــمَـنْ اَخَــذَ
مِـنْـكُـمْ ثَــوْ بًـا اَوْوَ ضَــعَــهُ فَــلْــيَــقُــلْ
لبِـسْــــــمِ الـلّـــــــــــــــــــــــــهِ الـرَّحْـمـنِ
الـرَّحِــيْــــــمِ. فَـإِ نَّ اِسْـــمُ الـلّـــــــهَ تَـــعَـالـىَ
طَـا بِـــعُ
“Telah dikeluarkan oleh Abu Syaikh dari Sofwan bin Sulaim. Nabi Saw. bersabda : ”Jin itu suka memakai barang-barang kepunyaan manusia untuk pakaian mereka. Oleh karena itu, barang siapa mengambil atau meletakkan pakaian. Maka ucapkanlah “Bismillahir-Rohmaanir-Rohiim”. Karena sesungguhnya Nama Allah yang dibacakan itu akan merupakan stempel (cap)”. (H.R. Ad-Dalamy dan daroqhutny)
وَ رُوْيَ عَنِ ا بْـنِ عَــبَّـاسٍ رَضِيَ الـلّـــهُ عَــنْــهُــمَـا اَ
نَّـــهُ قَـالَ رَسُـوْ لُ الـلّـــهِ صَــلَّى الـلّـــهُ
عَــلَــيْــهِ وَ سَـــلَّـمَ : مَنْ قَـالَ لبِـسْــــــمِ الـلّـــــهِ
الـرَّحْـمـنِ الـرَّحِــيْـــــــــمِ. وَ لاَ حَـوْ لَ وَ لاَ قُــوَّ
اةَ اِلاَّ بِـالـلّـــــهِ الْــعَــلِـيِّ الْـعَـظِــيْــمِ. صَـرَ فَ
الـلّـــهُ عَــنْــهُ سَــبْــعِــيْـنَ بَـا بًـا مِنْ اَ نْــوَاعِ
الْــمَــلاَ يَـا وَ الَّـــهْـمِ وَ الْــغَـــمِّ وَ
الـلَّــهْــــــــــــــــــــم
“Diriwayatkan oleh Ibnu ‘Abbas Ra. bahwa Rasulullah Saw. bersabda : “Barangsiapa mengucapkan “Bismillahir-Rohmaanir-Rohiim” dan “Laa haula wala quwwata illa billahil ‘aliyil ‘Aziim” Allah akan melepaskan ia dari 70 pintu bala yang bermacam-macam dan kesukaran duka cita dan kesakitan”. (H.R. Ibnu Majah dan Ad-Daroqhutny)
اَخْـرَ جَ اِ بْـنِ أَبِـيْ حَـاتِــم وَ الْـحَـكِــيْـمِ وَ
الْــبَــيْــهَـقِـى وَ اَ بـُـو ذَرٍّ الْـهَـرْوِى وَ الْـخَـطِــيْـبُ
الْـبَـخْـدَادِى عَنِ ابـْـنِ عَــبَّـاسِ رَضِيَ الـلّـــهُ
عَــنْــهُــمَـا. اَنَّ عُــثْــمَـانَ ا بـْنِ عَــفَّـانِ سَــأَ لَ
الـنَّــبِــيَّ عَــلَــيْــهِ الـصَّــلاَ ةُ وَ الـسَّــلاَ مُ عَنْ
لبِـسْــــــمِ الـلّـــــهِ الـرَّحْـمـنِ الـرَّحِــيْــــــمِ.
فَــقَـالَ هُـوَ اِسْـمٌ مِنَ الـلّــــهِ. وَ مَـا بَــيْــنَــهُ وَ
بـَــيْـنَ اِسْـــمِ الـلّـــهِ اْلأَ كْــبَــرِ اِلاَّ كَــمَـا سَــوَا
دِ الْـعَــيْـنِ وَ بـَــيَـا ضِــهَـا بِـالْــقُـرْبِ
“Diriwayatkan oleh Ibnu Hatim. Al-Baihaqi. Abu Dzaar Al-Harwy. Dan Al-Khatib Al-Baghdadi. Dari Ibnu ‘Abbas Ra. dari ‘Utsman bin Affan. Telah bertanya kepada Nabi Saw. tentang “Bismillahir-Rohmaanir-Rohiim” dan Beliau berkata : “Itulah isim dari Asma’ Allah Ta’ala, antara DIA dengan Nama Allah “Akbar” seperti jarak biji mata hitam dengan putihnya. begitulah (karena terlalu) dekatnya”. (H.R. Baihaqi)
Sebutir debu serta kesekejapan hidup diubah melalui tradisi menjadi sebuah bintang di cakrawala, yang diberkahi Alloh dengan kemapanan dan merefleksikan keabadian Al-ilah. Menurut doktrin tradisional, realitas batin alam semesta mengungkapkan diriNYA senDIRI melalui mata batin atau penglihatan intelektual“karena mata batin merupakan alat persepsi yang berdasarkan keselarasan, semesta raya”.
Dalam makrokosmos, keselarasan alam semesta terwujud pada taraf realitas yang lebih tinggi dan menjadi suram serta semakin samar dalam tingkat kosmos yang semakin rendah, karena jauh sebelum Tuhan menciptakan manusia pertama, yakni Adam As (Abul Basyar) AL-Ilah yang Maha Agung lebih dulu menciptakan suatu alam yang disebut ”ALAM LAHUT / alam tanpa batas yang di huni oleh NUR MUHAMMAD lalu di terus kan ke “Alam Jabbarut & Malaakut”, dan dihuni oleh para malaikat-malaikat Allah yang tak terbilang banyaknya.
Sebagian dari kelompok para Malaikat-Malaikat Allah tersebut adalah kelompok Malaikat Muqarrabin, Malaikat Kurubiyyin, Malaikat Kiraman Katibin, Malaikat Arsyi, Malaikat Hafadzah dan Malaikat Aran Jabaniyyah, Malaikat Arsyi. Dan masih banyak lagi golongan Malaikat-malaikat lainnya yang tidak dapat disebutkan disini.
Para malaikat-malaikat ini masing-masingnya mempunyai sayap, yang sayapnya saja secara langsung melambangkan “Hakikat realitas penerbangan dan pendakian melawan seluruh hal yang merendahkan derajat serta menurunkan kekuatan atas dunia ini, yang akhirnya mengantar pada kebebasan dari kungkungan duniawi yang serba terbatas”. Seperti tersebut didalam Firman-Nya : “ Segala puji bagi Allah pencipta langit dan bumi yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai urusan) yang mempunyai sayap masing-masing (ada yang) dua, tiga empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-Nya, sesungguhnya Allah Maha Kuasa Atas Segala Sesuatu”. (Q.S. 35 : 1).
“Alam Jabbarut & Malakut” terdiri dari tujuh lembah pegunungan kosmik “Qaf” yang pada puncaknya terdapat singgasana Al-Ilah (Al-Arsy). Alloh yang menciptakan singgasana (Al-Arsy) dari jambrud hijau dan keempat tiangnya terbuat dari batu merah delima, yang dibawa oleh delapan Malaikatul Arsy, yang selalu bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya. Ketujuh lembah “Qaf” itu sendiri, adalah Lembah Thalab (pencarian), Lembah Isyq (cinta), Lembah Istighna (kepuasan), Lembah Hayrat (kekaguman), Lembah Faqr (kemiskinan), Lembah Ma’rifah (gnosis), dan Lembah Fana (lebur).
Dimasing-masing ketujuh lembah pegunungan kosmik “Qaf” ini terdapat (tersimpan) tujuh buah huruf Al-Hijaiyyah, yakni huruf-huruf yang ada pada kalimah suci “Bismillah”. Pegunungan kosmik “Qaf” merupakan pesona spiritual dari keindahan dan keAgungan Tuhan, yang selalu menjadi pintu gerbang untuk masuk kedalam lautan rahasia Tuhan, yang dimulai dengan kerinduan kepada-Nya, dan bergerak secara perlahan menuju penyingkapan “hakikat Bismillah” yang suci dan mensucikan, dan akhirnya mencapai peleburan (Fana) dengan melintasi horizon esoterisme “Qaf” yang sangat luas dan tanpa batas. “Qaf, demi Al-Qur’an yang sangat mulia” (Q.S. : 50 : 1)
Ekspresi universal kehidupan “Alam Jabbarut & Malaakut” dan jalan inisiatik, dimungkinkan oleh tingginya tingkatan spiritual (maqam) yang sekaligus menjadi awal cikal bakal penciptaan langit dan bumi yang pada waktu itu (di alam jabbarut malakut), langit masih berupa asap, asap yang keluar dari ketujuh lembah “Qaf”, kemudian Allah satukan dan dari asap tersebut dijadikannya tujuh lapis langit. Seperti tersebut dalam firman-Nya: “ Yang menciptakan tujuh lapis langit “ (Q.S. : 67 : 3). Dan firman-Nya lagi : “Kemudian Dia menuju kepada penciptaan langit yang kala itu masih berupa asap” (Q.S. : 41 : 11). Setelah tujuh lapis langit terbentuk, kemudian Allah Swt menciptakan tujuh lapis bumi yang diambil dari pegunungan kosmik “Qaf” pula. “ Allah-lah yang mnciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi” (Q.S. : 65 : 12)
Catatan : Pengertian mengenai penciptaan langit dan bumi ini adalah “langit akhirat dan bumi akhirat”, karena setelah penciptaan langit dan bumi akhirat ini, Allah Swt menciptakan tujuh surga dan tujuh neraka, barulah langit dan bumi dunia Allah ciptakan dalam masa yang pada saat itu bumi masih dalam keadaan gelap gulita.
Seperti yang Allah Swt firmankan didalam Al-Qur’an : “Dan sesungguhnya telah Kami ciptakan langit dan bumi, dan apa yang ada antara keduanya dalam enam masa, dan kami sedikitpun tidak ditimpa kelelahan “ (Q.S. : 50 : 38)
Al-ilah Yang Maha Esa menciptakan dunia setelah DIA (Allah) menciptakan surga dan neraka berikut wildan dan bidadari. Dunia saat itu masih dalam keadaan gelap gulita, dan setelah Nabi Adam As dan Siti Hawa terusir dari surga, kemudian turun ke dunia, barulah Allah Swt menciptakan cahaya yang menerangi dunia (matahari-bulan-dan bintang), walau sebenarnya penciptaan cahaya (cahaya Muhammad) ini lebih dulu dari pada penciptaan Alam Jabbarut Malaakut, yakni “Nur Muhammad”
Al-haq adalah “cahaya langit dan bumi”. Demikian penegasan Al-Qur’an yang kemudian dimensi kosmogonis dan kosmologisnya diperkuat oleh Rasul Saw. Dengan sabdanya : “Yang pertamakali diciptakan oleh Alloh adalah cahaya / Nur muhammad” yang menjadi awal dari tajallinya (tanpak) alam dan menjadi awal mulanya kehidupan serta menjadi RATU nya RUH dan di sebut dg RUH idlofi
“Cahaya bagaikan kutub-kutub spiritual yang menyala, laksana norma dan teladan-teladan yang hidup dan menjadi perhatian para pencari kebenaran dimana dan kapanpun yang sekaligus merupakan realitas surgawi dibalik bentuk keduniawian”.
“Hakikat Bismillah adalah gema panggilan Al-haq kepada manusia untuk kembali ke sumber spiritualnya“ .
Sebenarnya seluruh manifestasi berasal dari ketujuh huruf ini (Ba Sin Mim Alif Lam Lam Ha), karena bagaimana mungkin Yang “Esa” melambangkan sesuatu yang lain dari huruf-huruf yang akan mengakui keEsaan-Nya, apalagi penggabungan dari ketujuh huruf-huruf ini jika berbentuk huruf Arab yang memanjang dari kanan ke kiri, akan merupakan lambang penerimaan prinsip material dan pasif, dalam arti kata “ketaqwaan mutlak” serta dimensi keindahan yang menyempurnakan ke-Agungan diri-Nya, dan sekaligus melambangkan pusat teragung yang dari-Nya segala sesuatu itu berasal dan kemana segala sesuatu itu kembali.
“Manusia harus percaya kepada yang suci dan terlibat didalamnya, kalau tidak, maka Yang Suci akan menyembunyikan dirinya dibelakang selubung yang tidak dapat diraba dan dilalui, yang pada hakikatnya adalah, selubung jiwa rendah manusia “.
Kesucian “Bismillah” mampu menciptakan sesuatu yang bersifat spiritual sekaligus sensual, menyingkap keindahan dunia ini beserta sifat fananya, dan menjelma dalam bentuk alam transendental yang indah melalui teofani Tuhan, karena hakikat Bismillah masih suci dan dicari oleh sebagian masyarakat Islam, dan menjadi nilai universal bagi seluruh dunia pada saat kebodohan mengancam untuk mencekik “spirit Bismillah” itu sendiri.
Nama “Allah” adalah kunci khazanah misteri Tuhan dan pintu gerbang menuju Yang Gaib dan Yang Nyata. Itulah realitas yang berdasarkan identitas esensial Tuhan dan kesucian nama-Nya. Itulah alasan mengapa para Ahlul Hukama selalu merenungi dan menyebutkan bahwa ; “Huruf-huruf didalam “Bismillah” turun dari dunia spiritual ke dunia fisikal dan memiliki substansi spiritual batin ketika mengenakan selubung dunia gaib yang mampu menembus kedalam makna batinnya, dan dapat merenungkan simbol prinsip-prinsip realitas maupun pedoman yang terwujud”
“Al’Qur’an bagaikan sepercik cahaya yang menyinari kegelapan eksistensi manusia di dunia ini”.
Misteri Zat yang menyatakan identitas, yang sekaligus merupakan sifat Tuhan yang mutlak dan juga transendensi, mencakup seluruh aspek ketuhanan yang mungkin termasuk dunia dengan pembiasan pembiasan dari-Nya yang mengindividualisasi tak terkira banyaknya. Maka dari itu orang yang mencintai Tuhan akan selalu “mengosongkan hatinya dari segala sesuatu selain-Nya” (ini terapi yang sangat ampuh untuk mencapai puncak kekhusyuan didalam shalat); karena “ Alif Lam Lam Ha” akan menyerbu hatinya dan tidak menyisakan ruang sedikitpun untuk sesuatu yang lain, karena seseorang hanya perlu mengetahui dan menyelami hakikat “Bismillah” ini untuk mengetahui semua yang dapat diketahui
Dalam kitab al-Mausu’ah Al-Fiqhiyyah (8/92) disebutkan,
اتفق أكثر الفقهاء على أن التسمية مشروعة لكل أمر ذي بال ، عبادة أو غيرها
“Mayoritas fuqaha’ bersepakat bahwa tasmiyyah (membaca Basmalah,-pent) disyariatkan pada perkara yang penting; ibadah atau selainnya”.
Kesimpulan ini didasarkan kepada hadits Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam,
كُلُّ أَمْرٍ ذِي بَالٍ لاَ يَبْدَأُ فِيْهِ بِبِسْمِ اللَّهِ فَهُوَ أَبْتَرُ
“Setiap perkara penting yang tidak diawali dengan Bismillah maka ia terputus.”
Dalam redaksi lain,
كل أمر ذي بال لا يبدأ فيه ببسم الله الرحمن الرحيم فهو أقطع
“Setiap perkara penting yang tidak diawali dengan Bismillahirrahmanirrahim, maka dia akan terputus.” (HR. Ibnu Hibban dan selainnya. Ibnu Shalah menyatakan hadits ini hasan)
Maksud terputus adalah tidak memberikan hasil baik atau berkurang barakahnya.
Sedangkan mengenai huruf “Ha” (Ha, marbutoh), yang melambangkan realitas lingkaran kosmos sebagai wahyu primordial Tuhan yang merupakan hasil dari pengejawantahan keEsaan pada bidang keanekaragaman. Keempat buah huruf suci ini merefleksikan kandungan prinsip keEsaan ilahi, kebergantungan seluruh keanekaragaman kepada Yang Esa, kesementaraan dunia dan kualitas-kualitas positif dari eksistensi kosmos atau makhluk, sebagaimana difirmankan oleh Allah Swt didalam Al-Qur’an: Yaa Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia”
Keempat huruf ini jika digabungkan menjadi kalimat “Allah”. Itulah alasan mengapa “Alif” menjadi sumber abjad dan huruf pertama dari nama “Tuhan Yang Maha Kekal” ini, Allah, yang bentuk visualnya benar-benar menyampaikan seluruh doktrin metafisik Islam mengenai alam realitas.
Karena dalam bentuk tulisan dari nama “Allah” dalam bahasa Arab, kita melihat dengan jelas suatu garis horizontal, yakni gerak penulisannya, kemudian garis tegak lurus dari “Alif” dan “Lam” semacam garis melingkar, yang secara simbolis dapat disamakan dengan suatu lingkaran “Tauhid” yang mengelilingi jiwa orang Islam, “ dan sekaligus merupakan suatu teofani dan refleksi dari ketakterbatasan kekayaan khazanah Tuhan yang tercipta setiap saat tanpa pernah kehabisan kemungkinan-kemungkinannya”. Hal ini pula yang menegaskan peran kitab suci Al-Qur’an sebagai petunjuk (Al-Huda), jalan menuju Al-Haq
Kesucian “Bismillah” membantu manusia untuk menembus selubung eksistensi material sehingga memperoleh jalan masuk ke “Barakah” yang terletak didalam firman illahi dan untuk mengenyam suatu “rasa”, bahwa setiap jiwa akan mengenyam sesuai dengan kapasitas, keterbatasan, dan keabadiannya.***
Huruf “Alif” didalam kalimat “Bismillah” dengan vertikalitasnya melambangkan kekuatan Tuhan dan prinsip transenden yang darinya segala sesuatu itu berasal, sedangkan dua huruf “Lam” dalam bentuk kail (mata kail), yang melambangkan suatu peringatan agar hamba Allah berhati-hati dalam pancingan Iblis atau setan dan sekaligus merupakan pengejawantahan yang dapat dilihat dari firman ilahi, untuk membantu kaum muslim menembus kedalam dan ditembusi oleh kehadiran ilahi yang sesuai dengan kapasitas spiritual setiap orang Islam
Bagi mereka yang mengikuti jalan menuju “haqiqah”, kalimat suci ini merupakan pembantu pertama yang sangat diutamakan untuk merenungkan ke-Esaan Ilahi Rabbi, karena huruf “Ba” yang dilambangkan oleh titik pengenal kesucian horizontal “Sin” dengan wujud lengkungan vertikal yang menghadap langit dan “Mim” yang berporos pada suatu tiang kepasrahan.
Tiga huruf-huruf suci ini secara keseluruhan melambangkan eksistensi universal untuk menuntun manusia dalam pembauran kualitas, kekuatan, dan aliran berbagai elemen agar setiap muslim mengingatkan ajaran Tuhan, yaitu dalam bentuk alam semesta, yang benar-benar muslim atau tunduk kepada kehendak Al-haq dengan mematuhi sifat dan hukum alamnya sendiri-sendiri.
Kalimat suci “Bismillah” yang terucap saat berdzikir, berarti sang pendzikir telah kembali kepusat alam, bukan secara eksternal melainkan melalui hubungan batin yang menghubungkan dirinya dengan prinsip-prinsip dan irama-irama alam primordial yang sakral dan teramat luas sekaligus merupakan suatu perumpamaan dialog suci antara seorang Hamba dengan Khaliqnya, yang menenangkan dan sekaligus mensucikan jiwanya, begitupun “Bismillah” yang terucap disaat manusia hendak melakukan suatu pekerjaan-pekerjaan yang halal, maka kesadaran dirinya akan terbangkit dari keterlenaan, dalam dirinya melalui kesadaran akan realitas Yang Maha Esa.
“Sebuah kesadaran yang sesungguhnya merupakan substansi dari manusia primordial dan sebab terbentuknya eksistensi manusia “.
Hati serta jiwa seluruh muslim disegarkan oleh “keagungan, keselarasan dan kesucian” kalimat “Bismillah” dalam pada bentuk-bentuk huruf Al-Hijaiyyah yang terdiri dari tujuh huruf (Ba Sin Mim Alif Lam Lam Ha), yang mengelilingi kaum muslim yang hidup didalam masyarakat Islam tradisional dan yang mengungkapkan keindahannya pada setiap lembaran-lembaran suci Al-Qur’an. Oleh karenanya “Bismillah” sebagai induk suci Islam yang merupakan karunia dari “Haqiqah” yang terletak dalam hati wahyu Islam.
Kalimat suci ini akan tetap demikian bagi seluruh muslim, tak peduli apakah diri mereka sadar akan haqiqah ataukah mereka yang sudah puas dengan bentuk-bentuk luarnya saja (kalimat Bismillah yang tersurat).
Kesadaran ini diperkuat dengan tata cara “shalat” yang secara naluriah mengembalikan manusia pada keadaan haqiqat kesadaranNYAdengan menjadikan seluruh alam sebagai tempat ibadah. Begitu pula halnya kalimat “Bismillah” yang terucap saat bersujud menyentuh bumi (shalat), adalah ; untuk mengembalikan manusia ke-kesucian pada kemurnian (al-fithrah) saat Yang Maha Esa menghadirkan DIRINYA secara langsung didalam diri manusia dan menjadi mutajalliyahNYA Al-haq “mengumandangkan sebuah simfoni abadi dalam keselarasan yang ada pada alam yang suci”.سبح يسبح علي نفسه mensucikan DIRI-NYA sendiri dengan kesucianNYA bukan untuk mahluk ..
Bismillah diilhami oleh spiritualitas Islam secara langsung yang diwahyukan oleh Allah Swt kepada Nabi, sedangkan wujudnya tentu saja dibentuk oleh karakteristik-karakteristik tertentu dari tempat penerima wahyu Al-Qur’an, yaitu :
“Qalbu” (hati), yang nilai-nilai positifnya diuniversalkan Islam.
Bentuk wahyu Islam yang pertama ini (Bismillah) tidaklah mengurangi kebenaran, bahwa sumber religius dari “Bismillah” ini berasal dari kandungan batin dan dimensi spiritual Islam pula.
Hanya bagi orang yang yang trpanggil oleh-NYA yg mampu melihat relitas-realitas tersebut ataupun orang yang telah dipilih untuk memperoleh penglihatan “Al’Bashirah” (penglihatan batin) dan di jauhkan dari sifat basyariyah (kemanusiaan) atas sesuatu yang tersembunyi dibalik rahasia “Bismillah”
Dikarenakan “Bismillah” ini merupakan pula pesan dari ruang inti perbendaharaan yang gaib (khaza’in al-ghoybi), maka siapapun yang menerima pesan kalimat suci ini didalam hatinya ia seakan menikmati alunan nyanyian alam rahim yang membawa jiwanya sebelum episode perjalanan duniawinya yang singkat.
Agama Islam tidak berdasarkan ketegangan dramatis antara langit dan bumi, atau pengorbanan diri dan penyelamatan melalui penyerahan diri kepada Al-haq semata , akan tetapi Agama Islam bertindak untuk mengembalikan kesadaran manusia, bahwa alam semesta adalah kalam ilahi (al-qur’an qodim) dan pelengkap ayat-ayat suci tertulis (al-furqon) yang diwahyukan dalam bahasa Arab.
Bismillah membantu manusia untuk menembus selubung eksistensi material, sehingga memperoleh jalan masuk ke barakah yang terletak didalam firman ilahi dan untuk mengenyam hakikat alam spiritual, karena Bismillah itupun adalah suatu pengejawantahan dari kristalisasi realitas-realitas spiritual (Al-Haqa’iq) yang terkandung didalam wahyu Islam pertama :
“Iqraa bismirabbikaal ladzii khalaq”:
Dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan
(Q.S. : 96 : 1)
Kalimat “Bismillah” merupakan hasil dari pengejawantahan ke-Esaan pada bidang keanekaragaman.
Kalimat suci ini merefleksikan kandungan prinsip keEsaan ilahi, kebergantungan seluruh keanekaragaman kepada Yang Esa, kesementaraan dunia dan kualitas-kualitas positif dari eksistensi kosmos atau makhluk, sebagaimana difirmankan oleh Allah Swt didalam Al-Qur’an:
“Yaa Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia” (Q.S. 3 : 191)
Allah Swt menurunkan kalimat suci “Bismillah” dalam wujud fisik (yang tersurat) pada sebuah kitab suci Al-Qur’anul Kariim yang secara langsung dapat dipahami oleh pikiran yang yang telah tidak bersandar pada selain alloh .
Karena kalimat suci “Bismillah” itu sendiri, memiliki realitas-realitas dasar dan perbuatan-perbuatan sebagai tangga bagi pendakian jiwa dari tingkat yang dapat dilihat dan di dengar menuju ke Yang Maha RUH (sirru al-rbubiyah) , yang juga merupakan keheningan diatas setiap bunyi.
Wujud fisik (Bismillah) inipun didasarkan pada ilmu pengetahuan tentang dunia batin yang tidak hanya berkaitan dengan penampakan lahir semata, tetapi juga dengan realitas-realitas batin “Bismillah” itu sendiri (yang tersirat)
Karena adanya suatu kehadiran ilahi dalam teks Al-Qur’an , yakni Bismillah (Basmallah), maka kalimat Bismillah inipun merupakan pengejawantahan yang dapat dilihat dari firman ilahi itu, untuk membantu kaum muslim menembus kedalam dan ditembusi oleh kehadiran ilahi yang sesuai dengan kapasitas spiritual setiap orang Islam.
Oleh sebab itu, siapa pun yang meraih Tajalli asma,Af’aal,sifat, dan tajalli dzat Allah dengan sirnanya tirai dunia & akhirat , maka ia akan tawakkal.
Sedangkan siapa yang meraih TajalliNYA dengan sirnanya diri kehamba’an (asma,af’al,sifat &dzat) maka terbukalah ia akan Ridha dan Pasrah.
Dan siapa yang meraih Tajallinya Dzat dengan terbukanya tirai Sifat, ia akan fana dalam kesatuan. Maka ia pun akan meraih Penyatuan Mutlak. Ia berbuat, tapi tidak berbuat. Ia membaca tapi tidak membaca “Bismillahirrahmaanirrahiim”.
Tauhidnya af’aal mendahului tauhidnya Sifat, dan ia berada di atas Tauhidnya Dzat. Dalam trilogi inilah Nabi saw, bermunajat dalam sujudnya, “Tuhan, Aku berlindung dengan ampunanmu dari siksaMu, Aku berlindung dengan RidhaMu dari amarah dendamMu, Aku berlindung denganMu dari diriMu”.
Penjelmaan duniawi dari pola dasar ilahi, yang disebut didalam Al-Qur’an dengan penulisan pena dan tempat tinta, memiliki suatu pokok spiritual.
Dapat dikatakan, bahwa Al-Qur’an merupakan suara dari firman Tuhan yang diembuskan ke hati Nabi dan kemudian kepada para sahabat dan generasi-generasi selanjutnya.
Sayyidina Ali Karamallahu Wadz’hahu mengatakan : “ Bahwa seluruh Al-Qur’an itu terkandung didalam surat Al-Fatihah”, sedangkan surat Al-Fatihah itu sendiri terkandung di dalam Bismillah (basmallah).
Tiga Alif yang tersembunyi yang merupakan pelengkap terhadap dua puluh dua huruf ketika dipisah-pisah, merupakan petunjuk pada Alam Ilahi Yang Haq, menurut pengertian Dzat. Sifat dan Af ‘aal. Yaitu tiga Alam ketika dipisah-pisah, dan Satu Alam ketika dinilai dari hakikatnya.
Sementara tiga huruf yang tertulis menunjukkan adanya manifestasi alam-alam tersebut pada tempat penampilannya yang bersifat agung dan manusiawi.
Dan dalam rangka menutupi Alam Ilahi, ketika Rasulullah saw, ditanya soal Alif yang melekat pada Baa’, “dari mana hilangnya Alif itu?” Maka Rasulullah saw, menjawab, “Dicuri oleh Syetan”.
Diharuskannya memanjangkan huruf Baa’nya Bismillah pada penulisan, sebagai ganti dari Alifnya, menunjukkan penyembunyian Ketuhanannya predikat Ketuhanan dalam gambaran Rahmat yang tersebar.
Sedangkan penampakannya dalam potret manusia, tak akan bisa dikenal kecuali oleh ahlinya. Karenanya, dalam hadist disebutkan, “Manusia diciptakan menurut gambaran Nya”
Dzat sendiri tersembunyikan oleh Sifat, dan Sifat tersembunyikan oleh Af’aal. Af’aal tersembunyikan oleh jagad-jagad dan makhluk.
Disebutkan, bahwa Wujud ini muncul dari huruf Baa’ dari Basmalah.
Karena Baa’ tersebut mengiringi huruf Alif yang tersembunyi, yang sesungguhnya adalah Dzat Allah.
Disini ada indikasi terhadap akal pertama, yang merupakan makhluk awal dari Ciptaan Allah, yang disebutkan melalui firman-Nya,
“Aku tidak menciptakan makhluk yang lebih Kucintai dan lebih Kumuliakan ketimbang dirimu, dan denganmu Aku memberi. denganmu Aku mengambil, denganmu Aku memberi pahala dan denganmu Aku menyiksa”. (Al-hadits).
Huruf-huruf yang terucapkan dalam Basmalah ada 18 huruf.
Sedangkan yang tertera dalam tulisan berjumlah 19 huruf.
Apabila kalimat-kalimat menjadi terpisah. maka jumlah huruf yang terpisah menjadi 22.
Delapan belas (18) huruf mengisyaratkan adanya alam-alam yang dikonotasikannya dengan jumlahnya. 18 ribu alam. Karena huruf Alif merupakan hitungan sempurna yang memuat seluruh struktur jumlah.
Alif merupakan induk dari seluruh strata yang tidak lagi ada hitungan setelah Alif. Karena itu dimengerti sebagai induk dari segala induk alam yang disebut sebagai Alam Jabarut, Alam Malakut, Arasy, Kursi, Tujuh Langit., dan empat anasir, serta tiga kelahiran yang masing masing terpisah dalam bagian-bagian tersendiri.
Sedangkan makna sembilan belas, menunjukkan penyertaan Alam Kemanusiaan.
Walau pun masuk kategori alam hewani, namun alam insani itu menurut konotasi kemuliaan dan universalitasnya atas seluruh alam dalam bingkai wujud, toh ada alam lain yang memiliki ragam jenis yang prinsip. Ia mempunyai bukti seperti posisi Jibril diantara para Malaikat.
Kalimat-kalimat merupakan hakikat-hakilkat wujud dan kenyataannya. Sebagaimana Isa as, disebut sebagai Kalimah dari Allah, sedangkan keparipurnaan akhlak adalah predikat dan keistimewaannya.
Predikat itulah yang menjadi sumber perbuatan-perbuatan yang terkristal dalam jagad kemanusiaan. Memahaminya sangat halus. Di sanalah para Nabi – alaihimus salam – meletakkan huruf-huruf hijaiyah dengan menggunakan tirai struktur wujud.
Kenyataan ini bisa ditemukan dalam periode! Isa as, periode Amirul Mukminin Sayyidina Ali Karromallahu Wajhah, dan sebagian masa sahabat, yang secara keseluruhan menunjukkan kenyataan tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar